Khasiat dan Manfaat Minyak Bunga Jeruk (Neroli Essential Oil)

Posted on

Khasiat Minyak Bunga Jeruk (Neroli). Bunga jeruk yang berwarna putih kecil-kecil dan cukup harum baunya, ternyata bisa diekstraksi (diambil minyaknya). Dalam dunia perdagangan parfum, minyak bunga jeruk dikenal dengan nama minyak Neroli. Ia berasal dari bunga jeruk pahit Citrus vulgaris. Minyak bunga jeruk manis Citrus aurantium sebenarnya bisa juga dimanfaatkan minyaknya, tapi saya mutunya masih kalah jauh ketimbang minyak neroli itu.

manfaat bunga jeruk neroli, neroli oil benefits, neroli essential oil benefits, neroli perfume, neroli essential oil, patchouli, neroli oil for skin, petitgrain, neroli by nagore

Asal usul atau sejarah nama Neroli sampai sekarang masih belum jelas benar. Ada sementara orang bilang, nama itu diambil dari nama Kaisar Nero penguasa kekaisaran Romawi yang kejam itu. Cuma anggapan yang lebih umum menyatakan, nama neroli berasal dari nama puteri Anne Marie dari Nerola. Puteri cantik ini diperisteri oleh seorang pangeran Italia yang hidup pada abad ke 16.

Puteri dari Nerola inilah orang pertama yang mempergunakan minyak bunga jeruk sebagai parfum tangan serta mewangikan air mandinya. Akhirnya minyak wangi ini menjadi sangat populer dan dikenal dengan nama Guanti di Neroli, yang lantas disebut saja minyak Neroli untuk memudahkan diingat.
Minyak neroli memberi kesan mewah di antara berbagai jenis minyak bunga-bungaan yang terbaik. Ia banyak digunakan sebagai bahan campuran eau de cologne. Misalnya dicampur dengan minyak bunga lavender, bergamot, lemon dan mawar. Ia juga seirng dicampur dengan minyak kayu cendana, melati dan kayu mawar. Minyak neroli merupakan “jantung” dari ramuan wewangian nabati. Ia memang indah, aromanya feminin dan sangat unik bagaikan minyak melati atau minyak mawar. Hanya sayangnya warna minyak neroli kuning pucat dan pahit rasanya.

manfaat daun jeruk neroli, manfaat buah jeruk neroli untuk ibu hamil, manfaat buah jeruk neroli untuk diet, manfaat buah jeruk neroli bagi tubuh, manfaat buah jeruk neroli untuk kesehatan, manfaat buah jeruk neroli bagi kesehatan, khasiat bunga jeruk neroli, manfaat tanaman jeruk neroli, manfaat dari tanaman jeruk neroli, manfaat tanaman buah jeruk neroli

Selain minyak wangi, neroli juga berguna untuk obat. Ia dikenal sebagai bahan manjur obat penenang dan anti depresi. Karena itu banyak dipakai dalam penyembuhan insomnia, histeria, rasa gelisah dan tertekan, serta membuat pikiran tenang. Selain itu, minyak neroli juga mampu mencegah serangan jantung, lantara mempunyai daya menormalkan kembali kontraksi (kejang) otot jantung. Bahkan bisa juga menyembuhkan diare. Memang diakui pengaruh neroli agak lamban, tapi pasti.

BACA JUGA:  5 Hal Yang Membuat Skripsi Bahasa Inggris Ditolak

Di lain pihak, minyak neroli mampu menyembuhkan radang kulit dan bengkak kulit yang berwarna merah. Menghaluskan kulit yang tadinya kering, dan ia adalah salah satu minyak wangi yang bekerja sampai pada bagian sel-sel tubuh. Berdaya merangsang pertumbuhan sel-sel tubuh. Berdaya merangsang pertumbuhan sel-sel muda guna menggantikan sel tua. Resapan neroli menimbulkan rasa nyaman, rileks dan menyegarkan. Daya penenangnya membuat orang lebih gampang tidur setelah diolesi minyak neroli.

Khasiat dan Manfaat Minyak Bunga Jeruk (Neroli Essential Oil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *