Cara Menyilangkan Anggrek Bulan

Posted on

Bagaimana Cara Mengembangbiakkan Bunga Anggrek Bulan?
Di bawah ini adalah informasi tentang perbanyakan anggrek baik yang ditempel di pohon, yang ditanam di tanah maupun dalam pot.

  • Bagaimana cara memperbanyak anggrek bulan?
  • Apabila perbanyakan melalui persilangan, bagaimana cara melakukan persilangan dan apa ciri-ciri bunga jantan serta bunga betina?
  • Kenapa anggrek yang ditanam di tanah yang tadinya berbunga, tidak pernah berbunga lagi setelah diperbanyak? (Perbanyakan dilakukan secara stek).
  • Bagaimana cara memindahkan anggrek bulan ke dalam pot?

anggrek bulan (phalaenopsis amabilis), anggrek bulan sumatera, anggrek bulan photo, anggrek bulan mp3, anggrek bulan bintang, anggrek bulan lirik, setangkai anggrek bulan, anggrek bulan chrisye, tumbuhan anggrek bulan berkembang biak dengan cara, mengembangbiakkan anggrek bulan, budidaya anggrek bulan, budidaya anggrek bulan pdf, mengawinkan anggrek bulan, budidaya anggrek bulan putih, cara mengembangbiakkan anggrek bulan, cara pengembangbiakan anggrek bulan, budidaya anggrek bulan dalam pot

Memperbanyak anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) yang telah ditetapkan sebagai puspa pesona Indonesia ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik vegetatif maupun generatif. Umumnya anggrek bulan diperbanyak dengan cara setek batang, keiki atau tunas, dan penyemaian biji.

Memperbanyak anggrek melalui persilangan adalah melakukan perkawinan dengan bantuan mausia. Tujuannya agar kita dapat menggabungkan sifat-sifat unggul dari 2 jenis anggrek. Terlebih dahulu dilakukan penilaian terhadap induk bunga yang akan disilangkan.

Anggrek A mungkin memiliki warna yang cerah, kuntum bunga yang besar dan bagus, namun jarang berbunga dan tidak tahan serangan hama serta penyakit. Anggrek B memiliki warna bunga kusam, kuntum yang kecil, namun sangat rajin berbunga dan bebas serangan hama penyakit serta sosoknya terlihat sehat dan subur. Untuk dapat menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua anggrek ini, maka dapat dilakukan persilangan.

Selanjutnya kita tentukan induk jantan dan induk betina. Kuntum yang disilangkan berumur  3- 4 hari sejak mekar. Bisa saja anggrek A sebagai jantan dan B sebagai betina atau sebaliknya. Dari letak kuntum bunga, nomor ganjil (dihitung dari pangkal tangkai) merupakan kuntum yang baik untuk dijadikan induk betina, sedangkan induk jantan letaknya bisa diambil sembarangan.

Dari kuntum induk jantan diambil tepung sarinya dengan alat sederhana seperti batang korek api. Letak serbuk sari di pusat bunga berwarna kuning. Bulatan kuning dicongkel pelan-pelan sampai tepung sarinya menempel pada batang korek api. Letak serbuk sari di pusat bunga berwarna kuning. Bulatan kuning dicongkel pelan-pelan sampai tepung sarinya menempel pada batang korek api.

BACA JUGA:  Inilah yang seharusnya diucapkan saat hujan tiba

Tepung sari itu lalu kita tempelkan dengan sempurna pada putih induk betina yaitu pada bagian berlendir yang letaknya persis di bawah kotak sari. Sementara itu tepung sari induk betina kita buang.

Agar persilangan berjalan murni, bibir bunga induk betina (labellum) kita buang untuk mencegah datangnya serangga penyerbuk. Bila dalam 3 – 4 hari kemudian tangkai induk betina masih segar berwarna kehijauan, berarti benih bisa hidup dan perkawinan yang dilakukan berhasil. Bila beberapa hari setelah itu mahkota bunga layu dan rontok, akan digantikan calon buah baru berbentuk bulan telur berwarna hijau.

Ada banyak penyebab anggrek tidak berbunga. Bisa karena belum waktunya berbunga, kurang pupuk, atau media yang kurang baik. Sebaiknya saudara mencoba merangsang pembungaan dengan penggunaan media yang cocok, pemupukan dan perawatan yang baik.

Cara memindahkan anggrek bulan ke pot tidak sulit. Mula-mula siapkan pot lalu diisi dengan arang dan pecahan batu bata kira-kira 1/3 tinggi pot. Bagian atas diberi pakis yang telah direndam dalam larutan pupuk selama satu malam sampai 1 cm di bawah bibir pot.

Sebelumnya pakis dicuci dulu dan disterilkan, dengan cara mengukusnya dalam dandang selama kira-kira 1 jam. Larutan pupuk yang digunakan adalah NPK 1 gr/1 ditambah 0,25 gr urea, atau menggunakan pupuk daun yang kandungan N lebih tinggi dari P dan K. Pot-pot tersebut diletakkan di atas para-para yang terlindung.

Cara Menyilangkan Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *