10 Hewan Peliharaan Kecil Paling Lucu dan Jinak untuk Anak-anak

Bicara tentang binatang atau hewan peliharaan, kucing atau anjing kerap tampil sebagai primadonanya. Keduanya memang cocok jika sang empunya memiliki waktu luang, sabar, dan bisa mengendalikan hewan tersebut. Kalau tidak, masih banyak opsi hewan lain yang bisa dipertimbangkan.

Lebih lagi untuk anak-anak, yang notabene menyukai hewan imut dan mudah dirawat. Ada beberapa yang bisa menjadi pilihan mereka. Apa saja? Jom!

 

1. Hamster

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, hamster, hamster lower classifications, golden hamster, hamster facts, djungarian hamster, chinese hamster, hamsters in the wild, roborovski hamster, european hamster, funny pet

Begitu melihat hewan yang satu ini, kita seperti ingin mengantonginya saja. Kelucuannya memang sudah populer. Mereka juga cukup aktif. Bisa kita lihat bagaimana hewan ini enggak mau diam. Mulutnya terus saja mengunyah, belum lagi kalau di dalam kandangnya terdapat mainan. Benar-benar menghibur.

Kita juga tak perlu terdesak untuk merawatnya dalam jumlah banyak. Hamster termasuk hewan yang bisa menikmati kesendirian. Tetapi kalau berpasangan, dalam beberapa minggu pun kita akan kedatangan bayi hamster yang menambah keriuhan keluarga.

 

2. Kadal

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Kadal, hewan kadal, kadal movie online, kadal cast, kadal malayalam movie, kadal meaning, kadal movie download, kadal kebun, kadal rumput, funny pet

Hewan ini cukup dingin, cocok bagi kita yang tidak suka suasana berisik. perawatannya juga tidak begitu sulit. Lebih lagi mereka bersifat hypoallergenic, cenderung tidak menimbulkan alergi apapun. Untuk yang spesies kecilnya, kita tak perlu repot-repot menyediakan kandang yang besar. Mereka cukup nyaman berada di ruangan kecil. Mereka juga tipikal hewan yang enggan meninggalkan kandangnya.

Kita tinggal memilih spesies mana yang cocok. Ada kadal, bunglon, atau mungkin tokek.

 

3. Chinchilla

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Chinchilla, chinchilla baby, chinchilla coat, chinchilla cat, long tailed chinchilla, chinchilla facts, chinchilla petsmart, short tailed hinchilla, chinchilla as a pet, funny pet

Jika seleranya memang eksotis, chinchilla bisa jadi pilihan utamanya. Kita tinggal menyediakan kandang yang diisi dengan serbuk kayu atau apa, yang membuatnya merasa familiar. Kandangnya juga mesti agak besar, sebab mereka tipikal yang aktif dan gemar bermain. Pastikan juga untuk memandikan, mengawasi kesehatan, dan menjaga rasa bahagia sang hewan.

Tak perlu khawatir. Mereka tak banyak suara, dan bulu-bulunya super lembut, membuat kita ingin terus membelainya.

 

4. Kura-kura Kotak

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Kura-kura Kotak, cara merawat kura kura ambon, harga kura kura ambon, kura kura ambon terbesar, harga kura kura batok, umur kura kura ambon, cara membedakan kura-kura ambon jantan dan betina, kandang kura kura ambon, habitat kura kura ambon, funny pet

Hewan ini cukup menghibur meski pun mereka sedang diam dan kita hanya menontonnya. Perawatannya pun tak begitu sulit. Tak perlu atensi berlebih. Hanya saja kita harus mempersiapkan terrarium yang cukup luas. Sediakan air untuk rehidrasi, batu untuk spot berjemur, dan pasir untuk digali atau sebagai tempat ia bersembunyi.

BACA JUGA:  Jenis-Jenis Palem Rumpun Yang Eksklusif

Hewan ini memiliki harapan hidup yang cukup panjang, sampai 40 tahunan, sehingga bisa menjadi sahabat kental bagi anak-anak kelak.

 

5. Tikus

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, TIkus, macam jenis tikus, tikus jepang, jenis tikus hias, tikus golden, tikus hias jepang, cara memelihara tikus rumah, jenis tikus besar, memelihara tikus got, funny pet

Tikus? Eww! Tikus memang tak lepas dari atribut yang negatif. Mereka kotor, bau, dan menjadi sumber penyakit. Anggapan tersebut bisa pudar manakala kita merawatnya dengan baik. Sebab tikus sendiri sebenarnya merupakan hewan yang pintar, pandai bersosialisasi, dan cukup menghibur.

Layaknya hamster, mereka bisa bermain-main di kandangnya sambil menggigit-gigit mainannya dengan cute-nya.

 

6. Guinea Pigs

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Guinea Pigs, guinea pig meaning, guinea pig breeds, guinea pig price, guinea pig facts, guinea pig for sale, peruvian guinea pig, guinea pig information, guinea pig babies, funny pet

Memiliki nama Guinea Pigs bukan berarti mereka masuk dalam golongan babi, ya. Hewan ini masih masuk dalam jajaran pengerat seperti hamster atau tikus. Karena itu, mereka juga memiliki karakter yang mirip. Si imut ini sangat aktif, dan haus perhatian dari para pemiliknya. Tetapi kontras dengan hamster, guinea pigs enggan hidup sendiri. Semakin berkelompok, mereka akan semakin kegirangan. Sebagai balasannya, binatang ini cukup jinak. Kita bahkan bisa memanfaatkan mereka sebagai teman tidur, menggantikan bantal guling.

 

7. Love Bird

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Love Bird, love bird movie, love birds meaning, rosy-faced lovebird, yellow-collared lovebird, lovebird for sale, lovebird lower classifications, love birds price, love birds breeding, funny pet

Anak-anak mudah jatuh hati pada burung, apalagi untuk jenis ini. Mereka memiliki  banyak pilihan warna yang cantik dan menarik. Mereka juga cukup berisik, pas untuk kita yang ingin suasana ramai. Tetapi hewan ini sangat senang bersosialisasi, sehingga lebih baik kita tak memeliharanya secara tunggal. Pastikan dia memiliki teman, atau bahkan pasangan. Tentu banyak momen-momen manis nan menghibur yang bisa kita saksikan.

 

8. Kelinci

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Kelinci, harga kelinci, kelinci kartun, kelinci raksasa, jenis kelinci, ciri ciri kelinci, kelinci adalah, deskripsi kelinci, nama latin kelinci, funny pet

Seperti halnya kucing atau anjing, kelinci memiliki banyak potensi untuk menghibur teman manusianya. Misalnya belajar sesuatu yang merespons ketika kita menyahut. Karena sifat alaminya, mereka tak bisa dipaksakan untuk terdiam. Ada kalanya mereka harus keluar kandang dan berlarian secara bebas.

Tetapi perlu kita ingat, hewan ini tidak terlalu suka akan sentuhan. Mereka juga tak nyaman ketika dikendalikan. Misalnya dengan dipeluk sebagai teman tidur. Karena itu, sayangnya, tak perlu berharap lebih untuk si kiyut ini.

 

9. Kelomang atau Umang-umang

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Kelomang, makanan kelomang, cara membedakan kelomang jantan dan betina, kandang kelomang, cara mencari kelomang, jual kelomang, cara mengganti cangkang kelomang, klasifikasi kelomang, jenis jenis kelomang, funny pet

Tak seru rasanya kalau masa kanak-kanak tak diisi dengan bermain kelomang. Hewan krustasea ini unik, aktif, dan “sosialis”. Untuk itu, mereka lebih fun jika dirawat ramai-ramai. Mereka gemar jalan-jalan, menggali pasir, atau merayap-rayap di atas batu dengan cara berjalannya yang khas.

BACA JUGA:  20 Tato Ajib Unicorn

Tak perlu perawatan khusus nan mahal. Tetapi kalau ingin mereka bertahan, pastikan kita menyediakan tempat yang sesuai dengan habitatnya.

 

10. Ferret atau Musang

10 hewan peliharaan untuk anak-anak, Ferret, Musang, musang malaysia, musang pandan, musang pulut, makanan musang, gambar musang, musang luwak, musang king, musang berjanggut, funny pet

Mamalia yang satu ini begitu eksotis, menarik, dan entertaining. Tak heran kalau harganya cukup mahal dan tingkat perawatannya terbilang rumit dibanding dengan hewan lain yang tertera dalam list. Tetapi mereka memang memiliki karakter yang <a href=”/topik/unik/>unik. Tubuhnya panjang dan ekspresinya begitu lucu. Sang pemilik pasti selalu terhibur.

Idealnya, hewan atau binatang peliharaan membawa dampak positif bagi anak-anak. Mereka jadi belajar menyayangi sesama makhluk serta bisa bertanggung-jawab menjaga atau melestarikannya. Demikianlah 10 Hewan Peliharaan Kecil Paling Lucu dan Jinak untuk Anak-anak.